Kenapa sih Tossa pakainya oil cooler?



Belakangan ini tren kendaraan roda tiga menyematkan sistem pendingin tambahan yang diklaim mampu meningkatkan kinerja mesin secara optimal.

Tossa New Super Hercules 200cc series menggunakan oil cooler (sistem pendingin oli) untuk mendukung kinerja mesinnya.

“Kenapa Tossa menggunakan oil cooler, bukan water cooler (sistem pendingin air)? Bukan sistem water cooler ?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh konsumen. 

Nah, pada penasaran kaaann????!!

Berikut beberapa penjelasan mengenai keuntungan penggunaan oil cooler, yang dipilih oleh Tossa sebagai pendukung pendingin kinerja mesin.


1.       Kinerja sistem pendingin

Setiap bentuk mesin motor, dirancang secara unik sesuai dengan kinerja komponen di dalamnya.

Mesin Tossa 200 cc menggunakan oil cooler dan sirip pada konstruksi mesin sebagai pendingin. Oli secara konsisten mendinginkan mesin pada saat mesin tersebut dihidupkan/bekerja. Sedangkan sirip mesin berfungsi menyalurkan panas mesin keluar sehingga mempercepat pendinginan suhunya.

Pada sistem watercooler, kinerjanya sangat tergantung pada kinerja fungsi kipas pendingin dan liquid coolant, sehingga apabila kipas pendingin tidak berfungsi, secara otomatis mesin akan overheat dan merusak komponen-komponennya, karena sistem pendingin tidak bekerja.

2. Penggunaan jenis substansi pendingin

Pada oil cooler, penggunaan oli menjadikan kotak pendingin secara otomatis terlindung dari karat, sehingga komponennya lebih awet.

Sedangkan pada water cooler, penggunaan liquid coolant-nya perlu diperhatikan. Apabila tidak menggunakan cairan yang baik atau hanya diganti dengan air, lama-kelamaan akan terjadi karat pada komponennya, karena air merupakan substansi yang bersifat korosif

3.  Kinerja pendinginan

Sistem pendingin water cooler didukung oleh kipas sebagai komponen penting dalam mendinginkan suhu mesin dengan cepat.

Di Tossa, kami juga menyediakan extra fan untuk meningkatkan kinerja pendinginan oil cooler.

Namun perlu diperhatikan, tidak selalu dibutuhkan penggunaan extra fan pada kendaraan anda. Konstruksi mesin Tossa Hercules telah dirancang sesuai dengan daya angkut yang direkomendasikan. Sehingga apabila konsumen menggunakan kendaraan sesuai dengan beban dan ketentuan, tidak diperlukan adanya penambahan extra fan. Alias, hanya menjadi asesoris kendaraan yang fungsinya tidak diperlukan.

4. Harga yang lebih ekonomis

Penyematan water cooler pada kendaraan – yang notabene memiliki jumlah komponen lebih banyak serta biaya perawatan tinggi –  menjadikan harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan oil cooler, sedangkan fungsionalnya kurang signifikan. Untuk investasi usaha, tentunya oil cooler lebih menguntungkan bukan??

Selisih harga tersebut dapat digunakan untuk melengkapi aksesoris yang lebih fungsional, misalnya penambahan kabin. Jadi, usaha tetap lancaaarr..tidak terhalang panas maupun hujan kan!

Nah, masih ragu pakai motor dengan teknologi oil cooler?! Lebih ekonomis dan efisien bukan?? 

By tossarodatiga Posted in Fitur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s